Jumat, 27 November 2009

WORLD YOUTH MEETING 2007

Good night,
this time, I wanna tell all about my experiences during in Japan, at the first sight..
uhh, selalu always miss that place.

Guys, thisis so wonderful experiences to remembering..
helooo, finally i publice this article friends..
This is it, let's check it!
(yg first day - 3rd day dulu aja, biar penasaran, hha)



INTRODUCTION

Hi all. Perkenalan dulu ya, kami berdua, Kalisa Primadewi (smada 08) n Diora Indah Dewi (smada 09) adalah perwakilan smada dan Indonesia untuk menghadiri WORLD YOUTH MEETING 2007 yang diadakan tanggal 3-4 Agustus 2007 di Nagoya, Jepang. Dalam event ini, kita akan membawakan dua buah presentasi, yang satu tentang Jogjakarta, yang satunya lagi tentang Recycling yang akan kami bawakan dengan berpartner dengan anak Waseda Honjo. Event ini emang sengaja dibikin untuk sharing issue yang ada antar negara. Oh iya, kita ke jepang bukan cuma berdua lho, tapi sama Wulan Sensei yang baik hati. Beruntung banget kita perginya ama sensei, setidaknya ada yang bisa jadi alfalink berjalan kita lah. Ahahahhahaha. Tapi kita jarang banget ko disatuin ama sensei. Kegiatan kita sehari2 disana seru banget, apalagi ditambah kenyataan kalo kami berdua hostnya ga dipisah, jadi kita berdua masih bisa begosip ria. Ahahahha. Disana kita ga cuma di Nagoya aja, tapi kita juga ke Kyoto. Di event ini kita juga dapet pengalaman baru, pelajaran dan teman2 baru. Mau tau cerita lengkapnya? Baca sendiri ya!!! Banyak pengalaman seru n mengasyikkan yang tak terlupakan disitu. Mudah2an pengalaman kita ini menjadi pelajaran buat kamu2 yang bakal jadi wakil di WYM selanjutnya. Selamat menikmati.

1st day

Met sore smua!!!

Sedih baget deh menghadapi kenyataan kalo di hari keberangkatan kita ke jepang ini pagi nya mesti harus ke sekolah. Tapi ijin juga sih ujung2nya. Tapi ga papalah, kan sorenya qta langsung brangkat ke jepang lewat Jakarta dulu tapi. Siangnya kita berdua ngambil barang recycle-an dulu ni di Semesta Recycled. Nyampe di Jakarta baru malem hari, qta nginep di rumahnya mbak kalisa ni.. ternyata rumahnya jauh gtu dari bandara. Pas di rumahnya mbak kalisa qta berdua ngechek2 presentasi skalian bikin kartu nama mbak kalisa buat dibagi2 besok pas di jepang (ahaha scara berdua mau ngeksis)


2nd day

Moshi – Moshi Japan!

Karena tau bandaranya tu jauh dari rumahnya kalisa, alhasil kita pagi2 buta berangkat ke bandara. Ga keliatan deh kalo kita di Jakarta pagi2 gtu, soalnya sepi bgt jalannya. Dingin2 gtu enakan minum yang anget2, eh bapaknya mbak kalisa bliin coklat anget deh. Baiknya… abis itu nyampelah qta dipesawat. Ternyata pesawatnya oke banget loh!! Maap maap ni ye kalo rada gaptek. Cuma, di depan bangkunya tu ada touch screen isinya ada pelajaran berbagai bahasa, games ampe film terbaru. Jadi suasana di pesawat tu ga boring sama skali. Trus kita transit dulu di Hongkong n Taipei, lumayanlah sembari mampir2.. asik dah semua (kecuali petugas bandara yang galak2 itu)Tapi sayangnya ada insiden ni, mbak kalisa ga enak badan, dia muntah deh jadinya. Ya maklum aja deh, soalnya perjalanannya emang panjang dan mbak kalisa kurang tidur, kemarennya juga ada pelajaran Olahraga yang melelahkan, katanya. Tapi setelah nyampe di jepang, mbak kalisa jadi sehat kembali, eehehhehe semangatnya… Ternyata ada yang jemput loh, yaitu si botak, si shino iida, si akiko si tomo n si taka (yang nantinya jadi host aq n mbak kalisa). pas kita datang tu mereka heboh bgt ya bawa2 spanduk gambar jepang trus ada tulisan Indonesianya juga, ada gambar doraemonnya pula. Trus kita foto2 dulu gtu di bandara. Ehehhehe. Eh taunya disitu kita dapet duit kaget 20000 yen. Lumayan lumayan.. trus pas pertama dateng itu kan kita musti naik kreta, jadi kita diajarin beli tiket. (tetep) gaptek dikit gapapalah, namanya juga belajar, di negara yang canggih bgt kayak jepang pula. Sedihnya, diora dan mbak kalisa harus pisah dari sensei. Yaudahlah abis beli tiket n cerai sama sensei, kita langsung naik kreta, walopun bukan yang tercepet tapi cepet banget looh(namanya meitetsu). Trus sampe di stasiun deket rumahnya, qta di jemput ama mamanya taka sampe rumahnya taka. Ternyata aq n mbak kalisa ga dipisah lo homestay nya. Ahahahhahaha senang. Jadi ada temen ngobrol deh. Sampe di rumahnya taka kita langsung dikasi welcoming pudding ubi, hmm enak bgt loh. Keluarga ini emang top bgt deh. Kita diterangin seluk beluk rumahnya. Abis itu kita langsung disuruh tidur pake batal yang dingin banget dalemnya ada esnya gtu, soalnya cuaca di sana emang gerah sih.. jadinya qta bisa sleeping beauty deh.. Oiya, sebenernya nih ya di kamar ada AC yg notabene kalo di negara canggih itu bisa dual mode : hot&cold, sayangnya kalisa ga tau dimana remotenya berada, ga tau deh di kamar diora gimana.


3rd day

Ohayou gozaimasu. . .

Weeww, pagi ini kita bngun pertana kalinya di Japan!! Bangun telat pula, malu de. Musti okasan yg panggil2 kita tuk bangun, eh, Taka juga. Walau telat bangun, Kalisa musti tetep solat subuh, hhe. Untung aja kita host nya satu atap, so bisa sambil bahas n nge fix in presentasi kita yang bakal digunakan mewakili tim merah putih Indonesia tercinta ini, haddeh.. Bayangan kita pertama sii udah yang horror gitu.

Eh, kita sarapan pagi disiapin okasan, jadi gag enak. Jadi udah siap 4 mangkuk n sgala persiapan makan khas Nihon disitu. Kita bantuin cuci piring kuk tapi. Nah slama sarapan, kita banyak ngobrol ma okasan, Taka, juga Tomo. Ternyata kakaknya Taka tuh pernah ke Bali, Indonesia. Emang ya, Bali lebih terkenal daripada Indonesia..

Selese mandi smua, kita mulai perjalanan kita dari Nagoya Castle, weww, tau Naruto gag c?? Nah, ad salah satu background ambil disitu (yah ngelantur). Di Japan nih ya, orang lebih suka naek kereta sebagai kendaraan sehari-hari. Bahkan, obasan Taka naik sepeda ke stasiun, trus lanjut kereta. Sebelumnya, kita diajak maem. Selanjutnya kita keliling2 bangunan yang ternyata itu mall! Kenapa ternyata?? Karena mallnya dijadiin satu sama stasiun yang kayaknya ga mungkiin ada di Indonesia. Oiya, nama deepato nya tuh TAKASHIMAYA. Setelah puas ngeliat2 DOANK, soalnya ga beli, kita naek kereta lagi menuju kastil. Turun kereta terakhir, kita jalan sampe kastil. Di perjalanan, kita cerita2, n kita disuruh nyanyiin lagu Indonesia. Gila! Kalisa n Diora nyanyiin lagu BBB(Bukan Bintang Biasa) di Jepang gituu... heheheww (tapi kan kita bukan artis =D). Giliran mereka, waktu itu nyanyi “Arekara boukutachi wa nani. . . . nani nani deh . .” punyunya SMAP. Serruuuu d, lucu soalnya. Intermezo aja ni ya, ternyata eh ternyata, usut punya usut, lelaki di Jepang itu suka sama cewek yang suaranya melengking. Jadi semakin cempreng n imut” gitu, lelaki Jepang lebih interest, stranger.. Truus lanjut, sebelum masuk pintu entered, kita mampir beli es serut pake sirup warna-warni norak.. tapi enak (AWAS! Disana gag boleh buang sampah sembarangan loh!). Karena kita berdua udah dikasih uang akomodasi sendiri, kita bayar masuk kastil ndiri deh. Kena 500 yen.

Sebelum mulai masuk kastil, kita bertemu denagan delegasi cewek dari Cambodia bersama hostnya lagi nungguin kita, her name is Ms.Leak Hena. Kita panggil dia Leak (hew, leak Bali kale’). Cerita naas dia dimulai disini, masa’ nih ya, tau mau diajak naek2 ke kastil Leak pake sepatu hak tinggi. (Haddeh mbak, capekk kan..), nama internationalnya si Angel. Anneh lagi, kenapa saya tidak punya nama international ya? Kalo gitu panggil Kalisa : Sasa aja, karena lidah Jpg pasti bisanya bilang gitu atau ga jadi Risa deh aku.. and call Diora : Rara, ahhh apaan sih.. Lanjut, di dalem kastil isinya thu kayak di museum perjuangan depan Gramedia di Jogja itu. Ada barang2 peninggalan, miniatur desa, ada juga ikan emas yang udah melegenda gitu deh. Di lantai paling atas, kita nyobain semacam teleskop yang bisa liat kota Nagoya dan sekitar kastil, ada juga serangga2 yang udah dikeringin. Warna kupu2nya juga bervariasi, cantik. Turun kastil kita pilih pake lift aja deh, tangganya kan layaknya kuburan Imogiri di Bantul itu. Eh di bawah kita mulai masuk toko souvenir, keren2 ci barang2nya, tp harganya ga miring. Tapi kalo kalian kesana nanti pengen sesuatu, beli aj, ato ntar nyesel. Kita mah lebih tertarik nyobain es krim GREEN TEA! Yaps, disana ada es krim green tea. Mulai dari ini, kita jadi sering beli es krimm. Secara ya, panasnya di Japan thu bener2 ‘atsui’.. tau gaa se?? Akko malah pilih es krim kedelai, apa enak ya? Kita ikut nyobain punya dia n ‘yes!’ ga enak. Sambil makam es krim, kita mainan kucing nyasar. Eh, sama Diora dikasi biskuit mari, anehnya sang kucing doyan. Kita juga ikut makan biskuitnya.

Malemnya, setelah Diora n Kalisa selese mandi (yap, di Japan mandi cukup 1x aja n musti aer anget walo lg summer) kita buat makanan rame2 donk. Buat TAKOYAKI n OKANOMIYAKI, kita di diajarin cara buatnya. Beuhh, enak luww ramuan okasan. Kita emang beruntung dapet host sebaek okasan (hummp, kangen okasan!). Selese maem, kita diajakin maen PS 2 coba ma Taka n Tomo. Sambil ngobrol2 ehh kita dapet foto mereka, n ga terasa lewat tengah malem. Time to sleep.

Oyasuminasai. . .

*summimasen, masih berantakan bahasanya.. sometime bakal saya edit. lagi error juga ga bisa upload foto deh.. by the way, Happy Iedul Adha for all..



KPd. Ganbatte ne!
271109

2 komentar:

  1. mbak kalisa!!!!
    apa2an ini? hehehhe

    BalasHapus
  2. huehehee...
    ini hanya bualan semata..
    yah kan demi mengenang masa-masa indah, siapa tau balik kesono lagi kan? hoho

    BalasHapus